Tuesday 7 May 2019

Tips Bangun Sahur



Hello apakabar Ramadhan hari ini, masihkah semangat dengan segala aktivitas yang sangat melelahkan dengan pekerjaan ditengah terik matahari atau dengan pekerjaan yang selalu memaksa kita untuk tetap tersenyum walaupun sebenarnya terasa lelah, atau pekerjaan didalam ruangan yang monoton dan terkesan membosankan, atau bahkan tidak ada pekerjaan yang apapun dan merasa bosan dengan aktivitas yang terkesan tidak melakukan apa-apa dan hanya menunggu waktu berbuka. 

Hayo siapa yang hari ini telat bangun sahur atau bahkan ada yang tidak sahur karena bangun kesiangan.

Cerita hari ini dari beberapa temanku yang telat bangun sahur atau bahkan ada yang tidak sahur karena bangun kesiangan, kan kasian kalau begitu. Sebenarnya sepele ya ah cuma nggak bangun sahur aja, biasa aja sih. Tapi orang yang puasa dengan sahur lebih baik dari pada yang tidak sahur, seperti kata Rasulullah "Akhirkan waktu sahur dan segerakan berbuka". Karena tubuh kita sudah dirancang proses pencernaannya. Jadi tetap usahakan untuk makan sahur.

Mungkin ada beberapa cara agar bisa bangun saat sahur bagi yang dirantau:
1. Hidupkan Alarm
   Ini hal yang sudah biasa dilakukan, saking biasanya kadang banyak yang mengabaikannya, sering banget ketika alarm bunyi kita bangun hanya untuk mematikannya. Caranya hidupkan alarm dengan dering yang keras dengan getar supaya mendengar dan atur untuk bunyi setiap 5 menit, supaya kita merasa terganggu lalu bangun dan melihat jam.
2. Meminta teman kos untuk membangunkan
   Jika kita berada dikos yang memiliki teman kos lumayan banyak, maka minta teman kos untuk membangunkan. Jika tata letak kamar kos berada didalam rumah, maka bisa saja kita tak perlu mengunci pintu dan cukup menutupnya agar orang lain bisa membangunkan secara langsung. Tapi jika tidak memungkinkan, maka minta teman kos untuk mengetuk pintu sampai kita bangun. 
3. Minta Orang tua atau teman yang lain untuk menelpon
   Ini supaya kita bisa bangun, walaupun kemungkinannya sangat kecil, tapi bisa menjadi salah satu alternatif. Karena jika orang tua menelpon dan memastikan anaknya sudah bangun sahur itu sudah membuat hati mereka tenang. Maka tetap usahakan untuk bangun walaupun merasa terpaksa.
4. Segera tidur malam dan jangan begadang
   Ya tidur lebih awal lalu bangun lebih awal, tapi tidak menutup kemungkinan ada orang yang tahan begadang namun tetap bisa bangun lebih awal. Tapi alangkah lebih baiknya tidur cepat supaya bisa bangun cepat. 

"Tetap lakukan kebaikan sekecil apapun itu, sekalipun hanya menyingkirkan ranting dari jalan"


#Day 2
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChallange30HRDC
#30HariRamahanDalamCerita
#Bianglalahijrah

No comments:

Post a Comment