Sunday 12 May 2019

Ikhlas



Hai apa kabar iman hari ini, masihkah tetap terjaga atau sedang mengalami penurunan. Sudah memasuki hari ke-6 Ramadhan, jika sedang futur semoga Allah segera kembalikan semangat ibadahnya.

Mungkin hari ini tentang ikhlas, ah kenapa pembahasan ikhlas. Ya karena ikhlas mudah diucapkan tapi susah dilakukan. Terus belajar ikhlas itu sangat-sangat sulit bagi saya.

Ibu saya pernah bilang "kalau kita diajati sama orang, jangan kemudian kita membalasnya dengan perbuatan yang sama, karena dosa itu ditanggung masing-masing, kalau kita balas dengan kejahatan yang sama, kita juga berdosa dan kita pun sama seperti orang itu".

Mungkin kata-katanya terkesan sangat bijak, tapi belum tentu mudah mengaplikasikannya dalam kehidupan, tapi bukan berarti tidak bisa. Hanya saja memang cukup sulit.

Sekarang pun saya masih terus belajar ikhlas, bagaimana supaya ikhlas. Kadang setiap ibu telpon dan bercerita banyak tentang orang-orang disekitar yang baik kepada keluarga kami, atau orang-orang yang hanya datang saat membutuhkan saja. Mungkin memori saya menyimpan beberapa kata-kata bijak yang pernah diucapkan ibu dan yang pernah saya baca. Disela telpon saya katakan ke ibu "Ya sudahlah Bu, kalau orang nggak baik ke kita ya nggak apa-apa, yang penting kita tetap baik keorang lain"

Ikhlas itu bukan suatu ucapan, ikhlas itu dari hati. Entah bagaimana, yang pasti ikhlas memang sangat susah untuk dilakukan. Mungkin mulut kita bisa saja mengatakan "iya aku ikhlas dengan semua ini" tapi hati masih merasa sangat kecewa atau sedih bahkan marah. Begitulah bentuk ikhlas, untuk melakukannya tak semudah menuliskannya dalam sebuah kalimat.

#Day(6)
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChallange30HRDC 
#30HariRamahanDalamCerita 
#Bianglalahijrah

No comments:

Post a Comment