Tuesday 14 May 2019

Bagaimana Ramadhanmu Tahun ini????


Hai apa kabar iman hari ini, masihkah tetap terjaga atau sedang mengalami penurunan. Sudah memasuki hari ke-9 Ramadhan, jika sedang futur semoga Allah segera kembalikan semangat ibadahnya.
Tidak terasa ternyata sudah memasuki hari ke-9 yang itu artinya kita semakin mendekat untuk meninggalkan ramadhan. Apakah ada terbesit rasa sedih karena semakin cepat meninggalkan Ramadhan maka akan semakin lama pula untuk bertemu Ramadhan berikutnya yang belum tentu kita bisa bertemu lagi.

Pikiran polos anak kecil ketika menghitung sudah berapa banyak puasa yang sudah dia lalui dan berapa lama lagi akan menunggu hari raya. Karena kemungkinan kebanyakan orang tua akan menjanjikan sesuatu jika sang anak bisa melaksanakan puasa dengan full sebagai bentuk reward kepada anaknya. Dan selalu kebanyak anak kecil yang dinanti saat menjelang hari raya idul fitri adalah baju baru, kira-kira orang tuanya akan membelikan berapa banyak baju baru dan berapa banyak uang sangu yang akan dia dapatkan ketika berkunjung kerumah sanak saudara. 

Yang dipikirkan seorang bapak ketika mendekati hari raya, bagaimana caranya mendapatkan bonus dan penghasilan lebih selama Ramadhan supaya uangnya bisa dipakai untuk keprluan Hari raya yang selalu lebih banyak dibandingkan biasanya. Belanja untuk perayaan Hari Raya, membeli bahan-bahan makanan ketika nanti berkumpul bersama keluarga besar.

Bagi ibu-ibu akan sangat sibuk ketika sudah mendekati Hari Raya, Sibuk membuat aneka kue kering dengan berbagai varian, khas Lebaran adalah Nastar, Belum lagi aneka kue-kue yang lain. Kadang sampai mengeluh kelelahan karena waktu sehariannya dia gunakan untuk membuat satu macam kue dengan jumlah yang banyak, alasannya nanti takut kurang kalau bikin sedikit karena keluarga banyak. Membuat kue dengan banyak pertimbangan, misalkan memplotkan mana kue yang disukai anak-anak dan mana yang sesuai untuk orang tua. Kadang sampai malam Takbir pun masih sibuk menyiapkan ini dan itu.

Pasar akan sangat ramai pada H-7 Lebaran, bahkan bisa sampai macet dan akan banyak orang yang emosi, Pelabuhan akan penuh dengan lalu lalang pemudik yang kadang berebut naik untuk mendapatkan tempat yang bisa membuat kegaduhan pemudik maupun petugas, bandara, terminal dan stasiun pun sama sibukny.
#Pengalaman jadi Satgas Ramadhan.
Ya begitulah realitanya Ramadhan di Indonesia yang saya tahu selama 22 tahun ini. Rutinitas tahunan yang selalu terjadi. 

Kemudian kita baru menyadari bahwa ternyata kita telah melewatkan Ramadhan tahun ini begitu saja. Lalu tak sedikit yang mengatakan "Tak apa Ramadhan kali ini tidak maksimal, mudahan Ramadhan tahun depan bisa lebih baik". Padahal kita tidak menjamin apakah kita akan bertemu dengan Ramadhan lagi atau malah setelah Ramadhan tahun ini kita di jemput sang malaikat.  

Semoga Ramadhan kali ini lebih produktif dan menjadi lebih baik, ibadahnya lebih baik dari sebelumnya, tapi bukan berarti setelah Ramadhan ibadahnya biasa-biasa saja. Harapannya setelah Ramadhan makin ditingkatkan.

Bukan berarti saya telah menjalankan ibadah Ramadhan dengan baik, ya ini sebagai pengingat diri, teguran untuk diri sendiri. Maka jangan salahkan saya ternyata saya memiliki banyak kekurangan dan kesalahan. Ketika kalian melihat banyak kekurangan saya, maka jangan salahkan tulisan saya, cukup baca tulisan ini, jika bermanfaat maka alhamdulillah, tapi jika tidak baik tulisan ataupun diri saya maka jangan cela saya cukup lupakan saja. 


#Day(9)
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChallange30HRDC
#30HariRamahanDalamCerita
#Bianglalahijrah

No comments:

Post a Comment